Selasa, 03 April 2012

HAKEKAT BANGSA


1.      Hakekat Bangsa
      Bangsa dapat diartikan sebagai kesatuan manusia karena mempunyai persamaan kebudayaan. Misalnya adapt istiadat, bahasa agama dan sebagainya. Menurut Otto Bauer (1881-1934) banfsa asalah sekemanusia yang mempunyai nasibperjuangan sama (senasib) sehingga membentuk (menimbulkan) persamaan karakteryang dapat menibulkan persamaan sikap dan perilaku bangsa tadi , dalam hal ini dapat dipakai sebagai pertanda jati diri bangsa tersebut.
         Menurut Ernest Renan (1823-1892) bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kehendak bersatu sehingga timbulah rasa persatuan pada bangsa tadi, dia merasa satu dirinya. Secara kodrati manusia hidup di bumi ini dengan berkelompok-kelompok. Sedangkan menurut pandangan Geopolitik tokohnya ynag bernama R. Ratze dan Karl Haushofer bangsa adalah kelompok manusia yang hidup pada satuan bumi (tanah) tertentuatau satuan tanah dan air (laut) tertentu. Misalnya, bangsa Cina hidup di dareah Cina, bsngsa Jepang hidup di kepulauan Jepang, bangsa India hidup di daerah tertentu (Semenanjung India). Bangsa Indonesia di kepulauan Indonesia dan sebagainya. Dengan kenyataan ini maka suatu bangsa selain mempunyai persamaan karakter dan kemauan (kehendak) bersatu, menempati pula suatu kesatuan bumi atau kepulauan tertentu.


2.      Bangsa dalam Arti Sosiologis Antropologis
Bangsa adalah persekutuan hidup yang berdiri sendiri dan tiap-tiap anggota persekutuan hidup tersebut terikat oleh satu kesauan ras, bahasa, agama dan adat istiadat.
            Persekutuan hidup artinya perkumpulan orang-orang yang saling membutuhkan dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu wilayah tertentu. Persekutuan hidup dalam suatu negaradapat merupakan persekutuan hidup mayoritas dan dapat pula persekutuan hidup minoritas. Mayoritas artinya jumlah besar. Persekutuan hidup mayoritas, artinya dalam suatu Negara terdapat persekutuan hidup yang jumlah warganya banyak atau lebih besar jumlahnyadibanding persekutuan hidup yang lain. Misalnya di Negara Indonesia, persekutuan hidup masyarakat Jawa merupakan kelompok mayoritas. Persekutuan hidup minoritas artinya persekutuan hidup tersebut memiliki warga yang sedikit atau lebih kecil daripada yang lain.Misalnya masyarakat suku Badui di Banten merupakan persekutuan hidup minoritas.
            Dalam perkembangan, istilah bangsa dalam arti Sosiologis Antropologis dinamakan suku, suku bangsa atau etnik. Jadi, bila kita berbicara suku, suku bangsa atau etnik maka istilah itu bermakna bangsa dalam arti sosiologis antropologis.
            Bangsa dalam arti Sosuologis Antropologis ini diikat oleh ikatan-ikatan, seperti kesatuan ras, tradisi, sejarah, adapt istiadat, bahasa, agama atu kepercayaan, dan daerah. Ikatan seperti itu biasa disebut ikatan Primordial. Dengan ikatan itu, kita bias membedakan antara suku bangsa BAtak dan Suku bangsa Jawa atau Sunda. Oarang Dayak berbeda dengan orang Toraja dan seterusnya.
            Dalam satu Negara dapat terdiri atas beberapa bangsa. Misalnya, Amerika Serikat terdiri atas bangsa negro, bangsa Indian, bangsa Cina, bangsa Yahudi, bangsa WAP (White Anglosaxon Protestan) yang dahulu merupakan kaum pendatang. Srilanka memiliki dua bengsa besar, yaitu bangsa sinhala dan bangsa Tamil. India dan Yugoslaviasebelum pecah merupakan Negara yang memiliki banyak  bangsa didalamnya. Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai bangsa yang tersebar dari Nanggroe Aceh Darussalam samapi Papua.
            Berdasarkan uraian di atas dalam satu Negara teradapat bebrapa bangsa. Dapat terjadi pula anggota satu bangsa tersebar di beberapa Negara. Misalnya, bangsa Arab tersebar di berbagai Negara di sekitar Timur Tengah. Bangsa atau keturunan Yahudi menyebar di berbagai Negara.
3.      Bangsa dalam Arti Politis
Bangsa dalam pengertian Politik adalah suatu masyarakat dalam suatu daerah yang sama dan mereka tunduk kepada kedaulatan negaranya sebagai suatu kekuasaan tertinggi keluar dan kedalam. Jadi, nagsa dalam arti politik adalah bangsa yang sudah bernegara dan mengakui serta tunduk pada kekuasaan dari Negara yang bersagkutan
Setelah mereka bernegara, terciptalah bangsa. Misalnya, kemunculan bangsa Indonesia (Dalam arti Politis) setelah terciptanya Negara Indonesia. Ada bangsa Amerika, bangsa Inggris,  bangsa Malaysia, dan bangsa Australia. Bangsa-bangsa tersebut sekaligus terikat dengan negaranya. Bangsa dalam pengertian Politik inilah yang memunculkan paham nasionalisme atau semangat kebangsaan.
BAngsa dalam arti politik diikat dalam sebuah organisasi kekuasaan/politik, yaitu Negara beserta pemerintahnya. Mereka diikat oleh satu kesatuan wilayah nasional, hokum, dan perundang-undangan ang berlaku. Tidak cukup seperti itu, bangsa yang sudah bernegara seperti Indonesia perlu menciptakan ikatan-ikatan baru untuk mempersatukan bengsa-bangsa yang ada di dalamnya. Misalnya, bahasa nasional, lambang Negara, dasar dan ideology Negara, semboyan nasional, rasa nasionalisme dan patriotisme, serta ikatan lain yang sifatnya nasional. Ikatan baru tersebut dinamakan alat pemersatu bangsa.
Dengan demikian, dalam satu negaa ada dua bangsa, yaitu bangsa Indonesia (Arti Politis) dan bangsa-bangsa yang ada di dalamny (Arti Sosiologis Antropologis). Bangsa dalam arti Sosiologis Antropologis, seperti bangsa Batak, Jawa, dan Bugis. Untuk membedakan dan memperjelas keduannya, bangsa dalam arti sosiologis antropologis berubah istilah atau lebih dikenal dengan suku, suku bangsa atau etnik. Jadi, dalam diri bangsa Indonesia terdapat banyak suku atau etnik. Contoh, suku Minangkabau, suku Dayak, suku Betawi, suku Tengger, suku Bugis, suklu Asmat, dan suku Dani. Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang paling heterogen didunia.
Proses terbentuknya bangsa dalam arti poloitis terdapat dua model, yaitu model ortodoks dan model mutakhir.
a.       Model Ortodoks
Dalam model ortodoks, terbentuknya bangsa yang telah bernegara bermula dari adanya suatu bangsa terlebih dahulu baru, kemudian bangsa itu membentuk suatu Negara terendiri. Contohnya, bangsa Yahudi mendirikan suatu Negara, yaitu Isrel.
b.      Model Mutakhir
Dalam model mutakhir, bermula dari adanya negara terlebih dahulu, sedangkan penduduk Negara itu terdiri atas banyak bangsa. Pemerintah Negara itumeliputi banyak bangsa di dalamnya. Contohnya, Negara Indonesia, dan Negara Amerika Serikat yang didalamnya terdapat bangsa.
4.      Bnagsa Indonesia
Siapakah bangsa Indonesia itu? Dalam sejarahnya, orang yang berhasil merumuskan bangsa Indonesia adalah Ir. Soekarno. Pada pidatonya dihadapan siding I BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 1 juni 1945, Ir. Soekarno merumuskan adanya bangsa Indonesia. Untuk menunjukan makna bangsa, Ir. Soekarno merujuk pada pendapat Ernest Renan dan Otto Bauer.
            Menurut Ernest Renan, nbangsa adalah kesatuan jiwa. Jiwa yang mengandung kehendak untuk bersatu, orang-orang merasa diri satu dan mau bersatu. Dalam istilah Perancis bangsa adalah Le Desir en Etre en Semble. Bangsa dapat terdiri atas ratusan, ribuan, bahkan jutaan manusia, tetapi sebenarnya merupakan kesatuan jiwa. Apabila semua manusia yang hidup didalamnya mempunyai kehendak untuk bersatu maka sudah merupakan satu bangsa. Menurut Otto Bauer bangsa adalah satu perangai yang timbul karena persamaan nasib. Bangsa adalah kesatuan karakter, kesatuan watak yang lahir dari kesamaan derita dan keberuntungan yang yang sama. Dalam bagahsa Perancis, bangsa adalah suatu Charaktergemeinschaft.
            Berdasarkan kedua pendapat tersebut, dapat dinyatakan bahwa bangsa tidak ditentukan oleh satu kesatuan ras, budaya, etnik, atau agama. Terbentunya bangsa Indonesia lebih karena kesatuan jiwa, nasib bersama, dan kehendak bersatu menujucita-cita. Dengan demikian, syarat terbentuknya bangsa karena kesatuan nasib dan kehendak untuk bersatu. Selanjutnya, Ir. Soekarno menambahkan satu syarat lagi, yaitutamah airsebagai tempat tinggal orang-orang yang merasa saatu tersebut. Kesatuan antara tempat dan orang-orang yang merasa untuk bersatu itulah yang membentuk bangsa.

2 komentar:

akbardata mengatakan...

alhamdulillah mas , artikelnya sangat membantu sekali
kebetulan ada tugas ini , hehehhe

Unknown mengatakan...

Makasih Min, semoga bermanfaat untuk ke depannya, Aaaaamien..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India